Selasa, 19 Maret 2013

Kering


Kering

Tahukah kalian kalau bumi kita terbagi atas daratan dan perairan. Dan kenyataanya perairan lebih luas dari daratan. Itulah salah satu alasan saya menampilkan foto diatas. Foto ini saya potret di Bali, tepatnya di Kampus Bawah Undiksha tahun 2012. Sebelum tahun 2010 katanya pohon kamboja ini hidup dengan daun dan bunga yang begitu subur. Berbeda dengan yang saya liat sekarang, hanya sebuah ranting-ranting namun menarik perhatian saya. Ditambah lagi dengan sebuah bangkai perahu yang sengaja diletakkan oleh Mahasiswa Pendidikan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni Undiksha. Pesan yang disampaikan dalam bentuk instalasi ini bisa kita rasakan tentang keprihatinan mereka terhadap apa yang terjadi pada pohon kamboja besar tersebut. Perahu yang biasanya berada di atas air kini berada di atas ranting pohon tersebut yang artinya kekeringan. Kering karena alasan tertentu baik karena kondisi lingkungan ataupun ketidakpedulian tentang kehidupan pohon kamboja besar tersebut.
Semoga dari apa yang saya sampaikan menyadarkan kita akan hidup perlu keseimbangan. Jaga lingkungan alam kita. Mari kita hubungkan diri kita dengan Tuhan, manusia, dan alam. Niscaya kehidupan akan selalu ada.

Terimakasih

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar